MENU Sabtu, 18 Mei 2024

Update Daftar Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 – Rizki Juniansyah Tambah Amunisi Tanah Air

waktu baca 3 menit
Senin, 8 Apr 2024 22:40 0 3 temponews.co.id

 – Indonesia menambah amunisi ke Olimpiade Paris 2024. Dari angkat besi, wakil baru kembali hadir.

Rizki Juniansyah menjadi atlet terkini Indonesia yang memastikan penampilan di Olimpiade Paris 2024 setelah merebut medali emas di Piala Dunia Angkat Besi 2024.

Dalam perlombaan kelas 73kg putra di Phuket, Thailand, Kamis (4/4/2024), Rizki membuat kejutan karena mengalahkan rekan senegara, Rahmat Erwin Abdullah.

Rizki membalikkan ketertinggalan 10kg dalam catatan angkatan total terbaik dari Rahmat yang memimpin kualifikasi kelas 73kg putra sejak Desember 2022.

Atlet berusia 20 tahun asal Serang itu mencetak total angkatan 365kg, rekor dunia yang baru, dengan rincian snatch 164kg dan clean and jerk 201kg.

Kemenangan pada turnamen terakhir dari kualifikasi Olimpiade Paris 2024 untuk angkat besi itu memastikan debut Rahmat di pesta olahraga sejagat.

Malang bagi Rahmat karena hanya ada satu wakil negara yang berhak lolos di setiap nomor angkat besi. Rizki dan Rahmat sejatinya menguasai dua peringkat teratas.

Rahmat pun menyusul rekan-rekan senegaranya yang telah resmi lolos ke Olimpiade Paris 2024. Berikut ini adalah daftarnya.

DAFTAR ATLET INDONESIA YANG TELAH LOLOS KE OLIMPIADE PARIS 2024

1. Arif Dwi Pangestu (panahan/recurve individu putra, recurve beregu campuran)

Arif Dwi Pangestu menjadi atlet Indonesia pertama yang menuju Paris 2024 setelah mencapai semifinal Kejuaraan Dunia pada Agustus 2023 di Jerman.

Baca Juga: 

2. Desak Made Rita Kusuma (panjang tebing/speed putri)

Desak Made memastikan tiket ke Paris 2024 setelah merebut emas dalam Kejuaraan Dunia pada Agustus 2023 di Swiss.

Baca Juga: 

3. Rifda Irfanaluthfi (senam/senam artistik putri)

Rifda akan menjadi atlet senam pertama Indonesia yang tampil di Olimpiade. Ratu senam Indonesia ini lolos berkat pencapaiannya di Kejuaraan Dunia pada Oktober 2023 di Belgia.

Baca Juga: 

4. Diananda Choirunisa (panahan/recurve individu putri, recurve beregu campuran)

Diananda menyusul Arif ke Paris 2024 setelah mencapai peringkat lima dalam Asian Games Hangzhou 2022 pada Oktober 2023 di China.

Baca Juga:

5. Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing/speed putra)

Rahmad Adi lolos setelah menjuarai IFSC Asian Qualifiers pada November 2023 di Jakarta. Dia mengalahkan rekan senegara, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, yang menguasai rekor dunia.

Baca Juga: 

6. Fathur Gustafian (menembak/100m air rifle putra)

Fathur akan mewakili Indonesia di nomor menembak pada Olimpiade Paris setelah finis keempat dalam Kejuaraan Asia Rifle dan Pistol pada Januari 2024 di Jakarta.

Baca Juga: 

7. Rio Waida (selancar/shortboard putra)

Rio kembali tampil di Olimpiade setelah merebut satu tiket dalam World Surfing Games di Puerto Rico pada Maret lalu.

Baca Juga: Surfer Rio Waida Tambah Jumlah Wakil Indonesia pada Olimpiade Paris 2024

8. Eko Yuli Irawan (angkat besi/61kg putra)

Pemenang medali terbanyak bagi Indonesia di Olimpiade mengunci penampilan kelimanya saat bertanding dalam Piala Dunia di Thailand pada April ini.

Baca Juga: 

9. Rizki Juniansyah (angkat besi/73kg putra)

Rizki lolos setelah menjuarai Piala Dunia. Dia menjadi nama kejutan lain selain Rahmad di panjat tebing karena mengalahkan rekan senegara yang lebih diunggulkan.

Baca Juga:

Indonesia juga berpeluang besar untuk menambah wakil di Olimpiade Paris 2024.

Di bulu tangkis, lima penampil dari Tanah Air secara matematis telah dipastikan kendati periode kualifikasi masih berlangsung hingga 28 April mendatang.

Tiga di antaranya datang dari nomor-nomor tunggal yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (putra) serta Gregoria Mariska Tunjung (putri).

Sedangkan dua lainnya adalah pasangan ganda yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (putra) dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (putri).

Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, juga mengumumkan dua kuota wildcard untuk atletik bagi Indonesia.

Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Elvina Naibaho akan diberangkatkan. Zohri akan tampil di nomor 100m putra sedangkan Odekta di maraton putri.

Indonesia masih menunggu perwakilan lain dari angkat besi, atletik, renang, panjat tebing, bulu tangkis, serta panahan yang masih berjuang di kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Persaingan menuju Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung hingga bulan Juni.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA