MENU Minggu, 08 Sep 2024

Layanan SIM C1 Pertama di Pulau Sumatera, Sistem Keamanan dan Antrian Canggih Banget

waktu baca 2 menit
Senin, 22 Jul 2024 12:33 0 19 temponews.co.id

JAKARTA – Kabar gembira buat brother yang berada di Sumatera dan hendak meningkatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari C ke C1 nih.

Layanan SIM C1 pertama di Pulau Sumatera, begini sistem keamanan dan antriannya pantas canggih banget.

Hal tersebut bersamaan dengan peluncuran SIM C1 yang berada di Gedung Prototype SIM di Pidie Jaya (Pijay).

Acara tersebut berlangsung pada Jumat (19/7/2024), merupakan SIM C1 perdana di Pulau Sumatera.

Sama seperti sebelumnya, SIM golongan ini berlaku untuk motor dengan mesin 250 hingga 500 cc.

Dalam sambutannya, Agen toto macau Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Kartiko berharap layanan tersebut dapat menyempurnakan pelayanan administrasi kepolisian di Aceh.

“Peluncuran SIM C1 ini menjadi sebuah inovasi yang diharapkan dapat menyempurnakan pelayanan administrasi kepolisian di Aceh,” ujarnya dilansir dari Serambinews.com.

Menurutnya, inovasi ini merupakan bagian dari komitmen Polres Pijay untuk beradaptasi dengan teknologi demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Aceh khususnya.

“Jadi, SIM C1 sesuai dengan Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 maka calon pemohon harus memiliki SIM C minimal selama satu tahun untuk memenuhi syarat pengajuan SIM C1,” ujarnya.

peluncuran SIM C1 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengendara dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.

Satpas Prototype Pijay dilengkapi dengan sistem keamanan terintegrasi dan antrian sistem first in first out (FIFO).

“Ini terhubung dengan sistem daring terpadu di pusat Korlantas Polri untuk proses yang lebih transparan dan efisien,”jelasnya.

Peluncuran SIM C1 menjadi kebanggaan tersendiri terutama terhadap pelayanan publik dalam memenuhi kwalitas pelayanan secara maksimal.

“Jadi, peluncuran SIM C1 ini adalah wujud nyata dari upaya kami untuk menyediakan layanan yang lebih cepat dan efisien bagi masyarakat Pidie Jaya,” ujar Kapolres Pijay, AKBP Ahmad Faisal Pasaribu.

Dijelaskan juga, SIM C1 merupakan inovasi terbaru yang diperkenalkan untuk mempercepat dan mempermudah proses administrasi kepolisian, termasuk penerbitan SIM dan layanan lainnya.

“Dengan adanya sistem ini, diharapkan pelayanan menjadi lebih efisien dan transparan,”ungkap Kapolres Pidie Jaya didampingi Kasat Lantas, AKP Mahruzar Hariadi (Ucok).

Sumber : temponews.co.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA